Kurikulum yang disusun dan dirancang Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma adalah kurikulum berbasis kompetensi (competency based curriculum). Dengan menerapkan kurikulum berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) ini, lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi diharapkan :

Mempunyai kemampuan berlandaskan pada pengembangan kepribadian.

  1. Memiliki wawasan dan kesadaran tentang luas pengaruh ilmu komunikasi dalam kehidupan masyarakat.
  2. Memiliki wawasan dan ketrampilan dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program-program komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi.
  3. Terampil dalam memanfaatkan teknologi komunikasi dan mengatasi pengaruh teknologi komunikasi yang semakin berkembang. 
  4. Terampil dalam mengelola sistem informasi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  5. Memiliki etika dan terampil dalam membangun jaringan komunikasi dengan berbagai profesi dan institusi komunikasi.
  6. Memiliki motivasi sikap dan perilaku sesuai dengan etika profesi dalam mengembangkan profesionalisme di bidang komunikasi.

Kurikulum disusun dengan memperhatikan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan keilmuan dari bidang ilmu komunikasi, muatan kurikulum, penyajian matakuliah, perbaikan isi matakuliah dengan tema yang up todate, bahkan peninjauan dan perbaikan kurikulum menjadi agenda reguler yang dicanangkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi. Muatan kurikulum ditinjau dengan tujuan menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain iu juga untuk mepersiapkan lulusan agar mampu bersaing Global,  Prodi Ilmu Komunikasi terus mengupayakan kurikulum yang ada di  Prodi Ilmu Komunikasi mengikuti perkembangan kurikulum Communication Curricula dan ASPIKOM, ISKI, serta pengayaan materi dengan adanya sertifkasi baik nasional maupun internasional di beberapa mata kuliah untuk menambah daya saing lulusan.

Kurikulum yang ditawarkan pada Prodi Ilmu Komunikasi dirancang agar para lulusan nantinya mempunyai latar belakang pengetahuan di bidang Ilmu Komunikasi yang memadai, sehingga lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan sistem informasi di berbagai bidang yang relevan, dan juga memiliki kemampuan softskill yang memungkinkan mahasiswa untuk mandiri.

Program Studi Ilmu Komunikasi ditempuh dalam waktu 4 tahun efektif, yang terbagi atas 8 semester. Beban studi setara dengan 144 sks terdiri dari 134 sks Mata Kuliah Wajib termasuk didalamnya Seminar Proposal, Seminar Hasil, dan Skripsi), dan minimal 10 sks Mata Kuliah Pilihan.

Sistem perkuliahan yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi adalah perkuliahan tatap muka sebanyak 16 kali pertemuan dengan termasuk didalamnya tugas mandiri, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester dan 2 kali pertemuan melalui elearning. Mata kuliah skripsi dilaksanakan pada semester ke-7 diawali dengan kegiatan Seminar Proposal (2 sks), kemudian dilanjutkan dengan Ujian Komprehensif (6 sks). Masing-masing mahasiswa diberikan 2 orang dosen pembimbing yang mendampingi mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penyelesaian skripsi.

Kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi dirancang agar mahasiswa memiliki beberapa jenis kompentensi berdasarkan konsentrasi yang diambil oleh mahasiswa tersebut. Kurikulum yang dirancang pada Prodi Ilmu Komunikasi telah mengikuti visi dan misi serta berorientasi pada perkembangan terkini. Dalam kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi memberikan pilihan kompetensi melalui mata kuliah konsentrasi yang dapat di pilih pada semester IV dan semester VII. Pilihan Konsentrasi yang dapat mahasiswa pilih adalah bidang minat Jurnalistik, Publik Relations (HUMAS),dan Broadcasting.